Susahnya Cari Part-time Job

 

Susahnya Cari Part-time Job

Kawan, cari part-time job dengan kerja yang tidak melelahkan tapi gajinya banyak ternyata tidak mudah ya…. Apalagi di Perth yang terkenal sebagai salah satu kota pendidikan di Australia, hanya orang-orang yang benar-benar berkompetensilah yang mampu bersaing, hanya mereka yang memiliki keterampilanlah yang bakal bisa bertahan hidup….ho..ho… Yang menyedihkan teman,,kebanyakan orang Indo yang part-time di sini kerjanya di bagian kasar, cleaning service, angkat ini angkat itu, dsb. Sedangkan kerja yang lebih enak biasanya diembat oleh mahasiswa India atau lokal. Bukannya diskriminasi kawan, tapi memang mereka berkompetensi si…

Sudah sekitar 2 minggu ini aku apply sana apply sini tapi belum dapat panggilan juga. Pertama kalinya, aku apply Sizzler Restaurant dibagian customer service dan ternyata hasilnya nihil. Kedua, aku apply jadi shelver di perpustakaan kampusku. Eh, ga keterima juga. Ketiga, aku nglamar di Noodle Box sebagai cashier,,,uuggghhh ga keterima juga. Kampret abis…!!! Usut punya usut, setelah ku cek lagi lowongan kerjanya semuanya menerangkan “work experience will be consideration”. Tapi karena aku bukan orang yang mudah putus asa, makanya aku masih tetap hunting kerjaan sampai sekarang. Karena kebetulan aku punya teman Malaysia yang kerja part-time di Donut Kings aku tanya2 ama dia. Dan dia menyarankan aku untuk mengubah total CV-ku…iya kawan,,,ternyata CV-ku keliatan serius banget. Makanya hal pertama yang kuubah adalah fotoku…fotoku di CV yang awalnya keliatan serem pake formal attire lengkap kuganti dengan fotoku waktu di Fish and Chip yang keliatan ‘cool’ abis (jangan ngiri kawan,,emang udah dari sononya..^-^). Terus abis itu temanku menyarankan untuk membubuhkan pengalaman kerja di CV. Iya teman, jadinya aku nekat untuk sedikit berbohong di Cvku. Kegiatan volunteerku di Pusat Studi Jepang UGM kutulis jadi Public Relations Staff of Center for Japanese Studies UGM he,,,he,,,Parahnya aku juga nulis pernah kerja jadi waiter di Restoran Bakpia 76 Yogyakarta (padahal ga tau apakah Bakpia 76 itu ada. Ga??..ha..ha…)x-x

Akhirnya di hari Selasa yang cerah, dengan ditemani oleh teman Malaysiaku itu,,,aku bertekad untuk nekat ke toko-toko dan restoran tanpa nunggu lowongan. Ya kawan, aku dengan PD-nya akan bertanya ke toko-toko ‘is there any vacancy’ …freak!!! Di pagi hari yang hangat itu, kami pergi ke Morley yang dapat ditempuh selama 10 menitan dari tempatku tinggal dengan bus. Tempat pertama yang kutuju adalah toko buku. Sudah berkeliling ke beberapa toko buku, ternyata sama sekali ga ada lowongan buat part-timer…hampir semua toko buku membutuhkan full timer…di saat aku setengah putus asa, akhirnya kupaksakan kakiku melangkah ke sebuah toko dengan nama Australian Geographic Shop. Toko ini menjual berbagai macam buku dan alat-alat berhubungan dengan geografi. Eh ternyata di situ ada lowongan buat part-timer. Akhirnya 1 CV telah berkurang dari cengkeraman tanganku. Setelah itu, tanpa kuduga di beberapa toko dan restoran berikutnya ada lowongan. Yang terakhir adalah KFC. Karena dari namanya yang sudah terkenal, aku nekat saja nglamar di restoran kelas kakap itu…he,,he,,

Sekarang yang kulakukan adalah menunggu dan menunggu sembari berdoa agar lamaranku keterima…….minggu depan akan menjadi hari-hari yang mendebarkan bagiku karena bakal ketahuan apakah aku keterima apa ga….tahukah kawan,,,rasa-rasanya tidak kalah grogi dengan saat menjadi finalis American Idol (emang pernah….???!!!). Wish me luck….^-^

Leave a Reply

